Home with right posts 2

Pages

Jumat, 10 April 2015

Wisata Alam Dago Pakar dan Maribaya Bandung

Wisata Alam Dago Pakar adalah satu objek wisata yang sudah sangat terkenal di Bandung, letaknya ada di sebelah utara kota Bandung di Jalan Ir. H. Djuanda. Dago Pakar menyajikan pemandangan alam yang indah karena tempat ini merupakan salah satu hutan yang masih bertahan di kota Bandung. Sehingga diberi sebutan Taman Hutan Raya (Tahura). Dago Pakar menjadi Taman Hutan Raya yang pertama di Indonesia yang dulu telah diresmikan oleh Presiden Soeharto.
wisata-alam-dago-pakar
Berbicara tentang Dago Pakar tidak terlepas dari Kawasan Wisata Maribaya karena Maribaya sendiri merupakan terusan dari Dago Pakar Lembang yang menyajikan pemandangan lebih indah karena adanya beberapa air terjun yang indah dan juga pesona air panas yang mengagumkan. Jika anda ingin mengunjungi Dago Pakar jangan sampai anda melewatkan untuk mengunjungi kawasan wisata Maribaya.
air-terjun-dago-pakar
Kondisi udara di Dago Pakar sangat sejuk, dilengkapi dengan pemandangan indah pohon-pohon besar yang tumbuh rindang, memberikan suasana yang sangat tenang di sana. Di Dago Pakar anda juga bisa menikmati pemandangan kolam ikan yang besar yang terlihat natural.
Adanya Wisata Alam Dago Pakar ini bukan semata-mata digunakan untuk mendapatkan keuntungan finansial saja, karena selain dipakai sebagai tempat wisata, Dago Pakar juga digunakan sebagai tempat konservasi flora dan fauna di kota Bandung. Dan juga sebagai tempat pendidikan dan penelitian botani, serta tempat rekreasi alam terbuka.
gua-dago-pakar
Di Kawasan Dago Pakar ada juga sebuah gua yang merupakan peninggalan zaman penjajahan Jepang. Dulu gua ini dipakai oleh tentara Jepang sebagai tempat pertahanan, dibangun oleh penduduk pribumi yang dulu dipekerjakan secara paksa. Anda boleh memasuki ke dalam gua ini, tidak terlalu panjang kok, hanya ada lorong-lorong. Memang di dalamnya sangat gelap walaupun siang, akan tetapi anda bisa menyewa senter di sana atau anda bisa sebelumnya membawa senter dari rumah.
gua-dago-pakar-peninggalan-belanda
Selain gua Jepang, di Dago Pakar juga ada gua peninggalan zaman Belanda. Dulunya gua ini dipakai oleh penjajah Belanda sebagai markas militer, penjara, tempat penyimpanan senjata, maupun sebagai tempat pembangkit listrik tenaga air. Banyak terdapat lorong dan ruangan di dalamnya hingga menembus tebing.
Untuk mencapai kawasan wisata Maribaya anda masih perlu berjalan jauh lagi dari Dago Pakar. Maribaya akan terlihat dari sebuah jembatan kayu di seberang air terjun Curug Ciomas. Selain Curug Ciomas, masih banyak lagi curug-curug yang bisa anda temui di kawasan Maribaya. Di sepanjang Maribaya anda akan disuguhi beberapa warung yang menyajikan minuman hangat khas sana seperti bandrek dan bajigur. Di sana anda juga bisa menikmati makanan jagung bakar yang tentunya menambah kehangatan saat anda melepas lelah.
Untuk menjaga kenyamanan bersama, dimohon saat anda mengunjungi Dago Pakar dan Maribaya, jagalah kebersihan tempat di sana. Buanglah sampah pada tempatnya karena di sana juga sudah disediakan banyak tempat sampah. Jagalah kawasan wisata Dago Pakar dan Maribaya agar tetap lestari dan pengunjung betah di sana, karena hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai warga Indonesia yang baik.

1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About